Rabu, 18 September 2013

SATGAS PAMTAS GELAR PENGOBATAN GRATIS DI DESA SILAWAN


Batalyon Infanteri 743/PSY selaku satgas pamtas RI-RDTL memiliki tugas pokok mengamankan perbatasan dan menjaga keamanan di wilayah perbatasan. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, Satgas Pamtas membutuhkan kerja sama dari instansi militer, instansi pemerintahan terkait dan seluruh lapisan masyarakat terutama yang berada di daerah perbatasan tersebut. Agar dapat terjalin kedekatan dan komunikasi antara Satgas Pamtas dengan masyarakat di sekitarnya, dibutuhkan adanya kegiatan pembinaan teritorial. Salah satu kegiatan pembinaan teritorial Satgas Pamtas yang paling efektif adalah dengan melaksanakan pengobatan gratis.


Pada hari selasa tanggal 17 September 2013, Satgas Pamtas RI-RDTL Batalyon Infanteri 743/PSY melaksanakan pengobatan gratis yang bertempat di Dusun Halimuti, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Dekat dengan tempat tersebut ada satu pos Satgas Pamtas yaitu Pos Silawan. Atas perintah Komandan Batalyon Infateri 743/PSY, Mayor Inf Budi Prasetyo, maka Komandan Pos Silawan, Letda Inf Herlambang Pratama Septantyo melaksanakan pengobatan gratis di Desa Silawan bekerja sama dengan Dokter Satgas, Lettu Ckm dr. Dwi wahyonokusuma dan Sikes Satgas Pamtas Yonif 743/PSY.




Danpos Silawan sebelumnya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Silawan, Bapak Fredi Mones Billy dan Puskesmas Desa Silawan agar pelaksanaan pengobatan gratis dapat berjalan dengan baik. Obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan gratis merupakan bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur maupun dan obat-obatan Tonkes Yonif 743/PSY yang merupakan dukungan dari Denkesyah Kupang yang telah dipersiapkan sebelumnya pada saat Pratugas di Naibonat.



Banyak warga masyarakat Dusun Halimuti datang selain berobat juga untuk bercengkrama dengan Dansatgas Pamtas maupun seluruh anggota Satgas Pamtas yang hadir. Anggota Pos Silawan dan Sikes Satgas mempersiapkan tempat pengobatan dibantu oleh 5 orang anggota Puskesmas Silawan. Pada pukul 15:00 Wita acara pengobatan gratis dimulai dan berakhir pukul 18:00 Wita. Sejumlah 103 orang warga masyarakat mendaftar dan mendapatkan pengobatan gratis tersebut. Setelah selesai, anggota Satgas dan masyarakat pun bahu-membahu merapikan tempat pengobatan dan mengembalikan barang-barang yang telah digunakan saat acara. Akhirnya acara dapat berjalan dengan lancar dan terjalin komunikasi yang baik antara warga Desa Silawan dengan anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar