Sabtu, 09 November 2013

Satgas Pamtas RI-RDTL Mensukseskan Pemasangan Jaringan Listrik Di Perbatasan

Wilayah perbatasan saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat dalam hal pembangunan. Demikian pula halnya dengan perbatasan RI-RDTL. Salah satu pembangunan yang sudah dimulai semenjak berapa tahun belakangan yaitu jaringan listrik hingga pedalaman. Secara umum terdapat 4 Kabupaten di NTT yang berbatasan langsung dengan wilayah RDTL yaitu Kabupaten Kupang, Belu, TTU dan Malaka. Kabupaten Belu yang merupakan salah satu kabupaten yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan pemasangan jaringan Listrik hingga ke wilayah perbatasan, terdapat 3 desa (Sadi, Sarabau dan Umaklaran) di Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu yang sejak 2011 sudah terpasang tiang listrik namun belum di aliri arus disebabkan banyaknya pohon milik masyarakat yang membahayakan lintasan kabel.
Pihak PLN selama ini tidak mampu berbuat banyak karena beberapa oknum masyarakat meminta ganti rugi yang besar apabila pohonnya ditebang. Sedangkan sebagian besar masyarakat menginginkan listrik masuk kedesanya untuk meringankan beban ekonomi sehari-hari. Menaggapi permasalahan ini Danpos Asulait Sertu Lalu Sofyan berkoordinasi dengan kepala PLN Atambua, dengan komunikasi yang Intens dengan kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat serta pendekatan secara berlanjut kepemilikan pohon yang menghalangi kabel listrik akhirnya berhasil mencerahkan masyarakat dengan memberikan pengertian tentang pentingnya listrik untuk kesejahteraan masyarakat.


Pihak PLN dan Pos Asulait akhirnya dapat membersihkan Pohon-pohon yang menghalangi dengan ijin dari pemilik setempat tanpa dikenai biaya. Kegiatan penebangan pohon yang menghalangi jaringan listrik dikerjakan bersama sama oleh satgas pamtas, PLN dan masyarakat dimulai sejak tanggal 3 November sampai dengan tanggal 8 November 2013. Masyarakat merasa senang karena listrik sebentar lagi akan masuk Desa mereka.



 


General Manager PLN mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan Pos TNI dalam mengatasi permasalahan ini dan rencana akan dimuat di majalah PLN, ucapan terima kasih akan dilayangkan  dalam bentuk surat kepada Danrem 161/Wirasakti dan Dansatgas Pamtas RI-RDTL. Rencana dalam waktu dekat ini  akan diadakan peresmian masuk listrik dengan diawali penyalaan listrik di pos Asulait dilanjutkan sosialisasi PLN ke masyarakat setempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar