Minggu, 03 November 2013

PERAYAAN HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN SATGAS PAMTAS RI-RDTL YONIF 743/PSY

 
Om Swastiastu.
     Dengan Memanjatkan Puji Syukur Kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa Atas Asung Kerta Wara Nugraha yang telah dianugrahkan kepada semua mahluk yang ada di alam semesta ini. 
Adapun Hari Raya Galungan ini dirayakan setiap 6 bulan sekali dan jatuh pada Buda Kliwon Dunggulan disebut hari Suci Galungan, Adalah Merupakan kemenangan Dharma Melawan Adharma yang juga disebut dengan Piodalan Jagat .Pada hari ini patut menghaturkan sesajen menurut kemampuan dan berlandaskan bhakti yang dihaturkan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dgn semua manefestasinya.Dan juga untuk menghormati para luluhur.

 Aapun pada Perayaan Hari Suci ini para anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY yang beragama Hindu Melaksanakan persembahyangan Hari Raya Galungan di Pura Atambuanantha  pada Tanggal 23 Oktober 2013, yang berada di tangah kota Atambua. Selain bermakna mengucapkan syukur kepada Tuhan adalah merupakan kegiatan silahturahmi dan bersalaman saling memaafkan, dan juga merupakan bagian dari pelaksanaan  Tugas Pokok Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY khususnya dalam bidang Teritorial,membaur dgn masyarakat umat Hindu yang ada di wilayah Atambua.


Sama halnya dengan Perayaan Hari Raya Galungan, Hari Raya Kuningan yang jatuh pada tanggal 2 November 2013, juga merupakan wujud rasa Syukur yang dipersembahkan kepada para Dewa Pitara dan leluhur, pada hari ini patut mempersembahkan sesajen berupa nasi kuning. Persembahyangan ini hanya dilaksanakan sampai tengah hari saja. Karna dipercaya para Dewa dan Leluhur sudah kembali ke Surga.
Om Santhi, Santhi, Santhi Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar